Mata Kuliah Seminar Manajemen Pemasaran merupakan mata kuliah wajib konsentrasi bagi mahasiswa jurusan manajemen yang berminat pada konsentrasi ilmu di bidang Manajemen Pemasaran. Mata kuliah ini membahas permasalahan dan kasus-kasus pengelolaan pemasaran dalam praktik bisnis dan berdasarkan studi empiris, yang berkaitan dengan beberapa pokok bahasan yaitu kebutuhan mengelola dan menerapkan strategi dan perencanaan pemasaran yang berorientasi pada pasar dalam pasar global; pasar dan persaingan; segmentasi pemasaran strategis; pengelolaan hubungan pada konsumen yang bersifat strategis; kemampuan mempelajari informasi pasar; target pasar dan strategi posisi produk atau merek; strategi pengembangan produk baru; strategi pengelolaan Merek; Strategi Pendistribusian; Strategi Harga; Strategi Promosi Penjualan dan Periklanan; Strategi pemasaran langsung, online, dan tenaga penjualan; Pemasaran Beretika dan Bertanggung Jawab Sosial sebagai bagian dari Ruang Lingkup Pemasaran Holistik. Oleh karena itu, perkuliahan ini menggunakan format perkuliahan dengan metode diskusi berdasarkan bahasan studi kasus yang mengacu pada buku referensi pemasaran strategis dan permasalahan pengelolaan pemasaran yang dikaji dari berbagai hasil studi empiris yang dimuat dalam artikel pubilkasi pada Jurnal Internasional.
Pada dunia bisnis, tentu tidak akan terlepas dari sebuah proses pemasaran atau promosi untuk meningkatkan penjualan dan penghasilan. Dalam perkuliahan ini kita akan mempelajari tentang konsep dasar strategi pemasaran sebagai cara yang dilakukan oleh seorang pengusaha untuk memuaskan konsumen, dengan tujuan memperoleh keuntungan.