Mata kuliah ini mengkaji konsep-konsep, prinsip, langkah-langkah, pendekatan, ruang lingkup, metode dan teknik penulisan penelitian ilmiah. Serta substansi proposal, penyusunan proposal, laporan penelitian ilmiah di bidang arsitektur. Evaluasi perkuliahan dilakukan pada seluruh rangkaian pembelajaran, mencakup kompetensi knowledge, afektif, dan psikomotorik.

1.        Afektif: Kehadiran (absen), kerajinan mengumpulkan tugas dan agresifitas dalam berdiskusi (tanya-jawab) dalam perkuliahan  (bobot 10%).

2.        Knowledge: Kemampuan menjawab substansi pertanyaan dalam diskusi dan ujian.

3.        Psikomotirik: Kemampuan menghasilkan tugas tulisan (penulisan ilmiah).Mengembangkan kemampuan menyusun rancangan penelitian ilmiah dibidang arsitektur, sebagai kegiatan sistematis menuju penyusunan ilmu (arsitektur) maupun sebagai bagian dari proses perancangan arsitektur maupun Tugas Akhir.