Mikroekonomi merupakan bagian  ilmu ekonomi umum yang menganalisis tentang bagian-begiann kecil (individual) dari keseluruhan (agregat) kegiatan ekonomi.  Mikroekonomi disebut juga teori harga (price theory) mempelajari perilaku ekonomi, dari setiap unit pengambilan keputusan secara individu seperti konsumen, pemilik sumber daya dan perusahaan dalam suatu perekonomian bebas.  Analisis diawali dengan pola kegiatan suatu perekonomian sehingga akan diketahui bagaimana arus barang dan jasa dalam suatu perekonomian. Persoalannya seringkali sumberdaya yang dimiliki untuk mendapatkan barang dan jasa terbatas, sementara kebutuhan dan keinginan manusia tidak terbatas. Tentu saja semua ini akan menimbulkan masalah ekonomi yang perlu dipecahkan dengan berbagai pendekatan agar mendapatkan solusi terbaik. Teori Mikroekonomi juga dapat digunakan untuk membuat ramalan. Salah satunya adalah model permintaan dan penawaran yang dapat digunakan untuk menentukan harga. Teori harga berguna bagi perusahaan dalam mengambil keputusan manajemen. Selain itu teori harga juga dapat digunakan untuk rnemeriksa syarat-syarat kemakmuran perekonomian yaitu memeriksa kepuasan subyektif yang diperoleh seseorang dalam mengkonsumsi barang dan jasa. Mikroekonomi juga menganalisis bagaimana harga akan terbentuk pada berbagai jenis pasar, baik pasar persaingan sempurna maupun pasar persaingan tidak sempurna.   Akhirnya, teori dan analisis diarahkan untuk membahas eksternalitas dan  asimetri informasi.