Dari nama mata kuliah ini tentunya sudah dapat ditebak makna yang terkandung di dalamnya. Benar, bahwa Azas-azas Teknik Kimia (ATK) merupakan mata kuliah dasar yang melandasi hampir seluruh mata kuliah yang ada di jurusan Teknik Kimia. Namun demikian, mata kuliah ini didasari oleh mata kuliah yang ada pada semester sebelumnya, seperti Fisika,  Kimia Dasar, Kimia Organik dan Matematika. Karena sebagai landasan, maka memerlukan perhatian lebih besar dan jangan pernah melupakan baik mata kuliah yang mendasarinya maupun mata kuliah ATK ini. Sampai semester akhir pun ilmu pada mata kuliah ini masih dipergunakan!. 

             ATK merupakan matakuliah dasar pokok dalam kurikulum teknik kimia. Sebelum memperoleh ATK, mahasiswa dibekali dengan dasar ilmu teknik, yaitu fisika, kimia, dan matematika. Tentunya ilmu ini tidak sekedar untuk diketahui, tetapi juga harus bisa dipahami, dimengerti dan lakukan analisis dengan baik.

            ATK menjadi landasan bagi matakuliah lanjutan, seperti OTK, MATEK, PERANCANGAN ALAT. Meskipun dalam penyampaiannya dapat berdampingan, misalnya ATK  dalam  satu  semester  berada  bersama  dengan  OTK I  atau  PIK. dan semua matakuliah ini beermuara di tugas akhir “Perancangan Pabrik Kimia”, sebab pada tugas akhir itu hampir seluruh materi yang telah diberikan dipergunakan dalam perancangan pabrik kimia.

ATK dibagi menjadi dua semester dengan materi yang berbeda. Sesuai dengan kurikulum Teknik Kimia, ATK I berada pada semester III, sedangkan ATK II pada semester IV.